Jumat, 07 Juni 2019

UAS APLIKOM EGI JULIANTO


A.   Pengenalan Hardware, Software, dan Brainwarea


a.Hardware
  Hardware atau Perangkat Keras dalam sistem komputer merupakan komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang memebentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan.Perangkat tersebut antara lain adalah:
1.Keyboard
2.Mouse
3.CPU
4.Monitor
5.Printer
6.Speaker,dll


b. Software
   Software atau Perangkat Lunak adalah suatu program yang berisi instruksi-instruksi(perintah) yang dimengerti oleh komputer.Perangkat komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan apapun tanpa adanya software.Dengan adanya software ini kita dapat meminta pada komputer untuk:mengetik surat/dokumen,menghitung,menggambar,mengeluarkan suara dan lain sebagainya.
Software dapat dibedakan berdasarkan fungsinya antara lain yaitu:
1.SO(System Operasi)
2.Aplikasi
   
System Operasi
Software System Operasi,berfungsi sebagai:
<>Interprenter yaitu:Menterjemahkan perintah dari software aplikasi kedalam perintah yang dimengerti oleh komputer.
<>Configurasi Hardware yaitu:Mengenal peralatan pendukung komputer(peripheral).
<>Manajemen File yaitu:Pengolahan File(data dan program).Contoh System Operasi:Windows,Linux,dll.
  Aplikasi
Software aplikasi ini dikelompokan berdasarkan fungsi atau bidang pekerjaan yang dilakukan.


c. Brainware
   Brainware yaitu pemakai komputer atau orang yang mengoperasikan kompute(user),karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang mengoperasikan(user)nya maka komputer tersebut tidak dapat digunakan.
User atau Pemakai Komputer ada 3 tingkatan yaitu:
1.System Analis
2.Programer
3.Operator

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYPwPequbDy9EdyX7D9vS84G67E13pTmRmwLGfAoEHdfPGBWWYfr7DMQehR598rOMV-H8kmijxsndf1ydoFKvTrGX6Nh23bLyahFvq0lei9CpboJ8k7KbiJQy3nkzY9k5tJY1lZBBt25w/s1600/word2013-265-1.pnghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhX2gp2J11McFoBWO0i_apAbP2xQgmGEfGCntB4n8nF5yYr2s6rFhW9YBg1ivRpUytIs_8d5t6FpFCKuMUBqtahohm5GI1fjljH7FkH5LayjOc8ccZSXZiVPlw-qZ5Ed4IqV9w8hKpXXWA/s1600/word2013-265-2.png 
B.       Kegunaan dan fungsi dari tombol keyboard

Kegunaan Serta Fungsi Tombol Keyboard Pada Komputer

Kegunaan Serta Fungsi Tombol Keyboard Pada Komputer

  Penggunaan Keyboard adalah salah satu aktivitas sehari- hari baik di kantor,kampus, rumah atau pun sekolahan sudah tak heran lagi jika sekarang ini banyak sekali masyarakat umum yang tak lepas dari komputer. Banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan menggunakan komputer. Untuk mempercepat pengerjaannya namum kita harus lebih dahulu mengenal apa saja fungsi tombol keyboard pada komputer.

Untuk kalian yang masih pemula dalam menggunakan komputer dan ingin tau apa saja kegunaan serta fungsi keyboard pada komputer. Disini kami akan memberikan sedikit rincian tentang apa saja Fungsi tombol keyboard pada komputer kalian.

Fungsi Tombol Keyboard Pada Ms.Word

o    Ctrl + A : Tombol Select All ( Memilih Semua Kolom Ms Word )
o    Ctrl + B : Menebalkan Huruf dan Karakter Angka pada Ms Word
o    Ctrl + C : Menyalin atau MengCopy
o    Ctrl + D : Pilihan Font Pada Ms Word
o    Ctrl + E : Membuat Center Alignment ( Rata Tengah Tulisan pada Ms Word )
o    Ctrl + F : Mencari Karakter ( Find Karakter )
o    Ctrl + G : Go To
o    Ctrl + H : Menggantikan ( Repleace )
o    Ctrl +  I : Membuat Tulisan Menjadi Miring ( Italic )
o    Ctrl + J : Membuat Tulisan Menjadi Rata Kiri Kanan( Justify Aligment )
o    Ctrl + K : Membuat Hyperlink ( Insert Hyperlink )
o    Ctrl + L : Membuat Tulisan Menjadi Rata Kiri ( Left Aligment )
o    Ctrl + M : Increase Ident
o    Ctrl + N : Membuat Sebuah File Baru ( New File )
o    Ctrl + O : Membuka File ( Open File )
o    Ctrl + P : Printah Cepat untuk Melakukan Print
o    Ctrl + Q : Mengubah Pengaturan Style Menjadi Normal
o    Ctrl + R : Membuat Tulisan Menjadi Rata Kanan ( Right Alignment
o    Ctrl + S : Printah Untuk Menyimpan File ( Save / Save As )
o    Ctrl + T : Hanging Ident
o    Ctrl + U : Membuat Tulisan Menjadi Garis Bawah ( Underline )
o    Ctrl + V : Mempaste Tulisan Yang Sudah Di Copy Dengan ( Ctrl + C )
o    Ctrl + W : Menutup Menu Word ( Close Ms.Word )
o    Ctrl + X : Memotong Tulisan Yang sudah Di Block
o    Ctrl + Y : Mengembalikan Sesudahnya ( Redo )
o    Ctrl + Z : mengembalikan Sebelumnya ( Undo )
o    Ctrl + 1 : Membuat Sebuah Spasi Single ( Single Spacing )
o    Ctrl + 2 : Membuat Sebuah Spasi Double ( Double Spacing )
o    Ctrl + 5 : Membuat Spasi 1.5 Lines
o    Ctrl + Esc :

Selain Kombinasi Tombol CTRL dan abjad di atas, ada juga beberapa fungsi tombol pada keyboard komputer yang khususnya seperti berikut.

o    F1  : Membuka Sebuah Fungsi Bantuan pada Komputer anda.
o    F2  : Mengubah Nambah File atau Berkas ( Rename )
o    F3  : Perintah Auto Text ( Find Text )
o    F4  : Pengulangan Printah Sebelumnya/
o    F5  : Perintah Temukan ( Find ) Ganti ( Replace ) atau Go To
o    F6  : Membuka Pengaturan Other Pane
o    F7  : Membuat Perintah Spelling ( Pengecekan Penulisan )
o    F8  : Membuka Perintah Awal Untuk memilih ( Coret Text atau Objek )
o    F9  : Memperbaruhi Field ( Mail Marge )
o    F10  : Membuat Sebuah Menu menjadi Aktif
o    F11  : Membuat Sebuah Masukan Field berikutnya ( mail Marge )
o    F12  : Membuka Dialog Save As ( Simpan Sebagai )
o    Esc  : Tombol Perintah Membatalkan Dialog
o    Enter  : Tombol Untuk Mengahiri satu paragraf atau Melaksanakan Perintah / Pilihan
o    Tab  :  Memposisikan Teks sesuai dengan tanda Ruler Horizontal
o    Windows : Tombol untuk Membuka Start Menu
o    Shorcut : Tombol untuk mengaktifkan Shorcut di posisi kursor
o    Delete : Tombol untuk Menghapus Sebuah Karakter dari Kanan Pada Penulisan anda
o    Backspace : Tombol untuk Menghapus Sebuah Karakter dari Kiri Pada Penulisan anda
o    Insert : Tombol Untuk menyisipkan karakter pada Posisi Kursor Anda.
o    End : Tombol Untuk memindahkan Posisi Kursor ke akhir baris.
o    Home : Tombol Untuk memindahkan Kursor ke awal baris
o    Page Up : Tombol Untuk Menggulung Layar ke atas
o    Page Down : Tombol Untuk Menggulung Layar ke bawah
o    Up : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke baris atas
o    Down : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke baris bawah
o    Left : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke Kiri
o    Right : Tombol Untuk memindahkan Kursor 1 ke Kanan
o    Num Lock On : Tombol Untuk Mengaktifkan Fungsi Angka dan Operasi matematik
o    Shift + F10 : Tombol Untuk membuka Menu Pintas.
o    Alt : Tombol ini jika tidak di Kombinasikan maka hanya akan berfungsi sebagai memulai / mengaktifkan menu bar.
o    Shift + Delete : Tombol ini untuk menghapus file Secara permanent serta tidak akan masuk ke Recyle bin terlebih dahulu
o    Ctrl + Right Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal kata berikutnya
o    Ctrl + Left Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal kata sebelumnya
o    Ctrl + Down Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal paragraf berikutnya
o    Ctrl + Up Arrow : Tombol ini Berfungsi Untuk Memindahkan titik sisipan ke awal paragraf sebelumnya
o    Alt + F4 : Tombol Untuk Keluar dari program yang aktif atau pada menu bar.
o    Alt + Enter : Untuk Membuka Sebuah Objek yang telah terpilih
o    Alt + Spacebar : Tombol Untuk membuka Menu Shortcut di layar yang aktif
o    Ctrl + F4 : Tombol Untuk menutup Dokumen yang Aktif
o    Alt + Tab : Mengganti ( Switch ) Pada Program Yang Aktif
o    Alt + Esc : Cycle Via item dengan urutan yang sudah di buka.
o    Ctrl + Shift + Tab : Tombol ini berfungsi untuk bergerak mundur dengan Tab
o    Shift + Tab : Tombol ini berfungsi untuk bergerak mundur dengan pilihan
Tidak hanya itu saja Fungsi pada tombol keyboard yang biasa kalian gunakan, masih banyak lagi fungsi – fungsi tombol keyboard yang dapat kalian pelajari. berikut fungsi tombol keyboard lain nya.
o    Ctrl + Drag  Item : Menyalin item yang sudah di pilih
o    Ctrl + Shift + Drag Item : membuka shortcut ke item yang sudah dipilih
o    Ctrl + Shift + Salah satu tombol panah : Menyorot blok teks
o    Shift + Salah satu tombol panah : Memilih dari 1 item di dekstop atau jendala atau memilik teks pada dokumen
o    F3 : untuk mencari berkas atau folder pada My Computer
o    F4 : untuk menampilkan daftar Addres bar pada My Computer atau di Windows Explorer
o    F5 : untuk menyegerakan ( Refresh ) pada Desktop Komputer
o    F6 : Untuk siklus via elemen-elemen pada layar dekstop atau jendela.
o    Shift + F10 : Untuk menampilkan menu shortcut item yang akan dipilih.
o    Atl + Huruf yang di garisbawahi dimenu : perintah ini menampilkan menu yang sesuai dengan yang di garis bawahi
o    Shift saat memasukan DVD atau DVD-ROM : Untuk Mencegahnya Autoplay pada Dvd.

C.   Teknik dan panduan membuat kutipan dengan citation dan daftar pustaka denganbibligoghapy

Cara memilih style untuk kutipan (Citation):

1.            Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik tanda-panah-kebawah disebelah kotak Style. Klik nama style yang ingin Anda gunakan pada daftar drop-down yang ditampilkan. Style kutipan yang Anda pilih adalah salah satu faktor dalam menentukan bagian informasi mana yang dibutuhkan ketika Anda menambahkan sumber baru. Namun, Anda bisa memilih style yang lain nantinya, dan Word akan otomatis mengubah format yang diterapkan ke dalam kutipan dan daftar pustaka.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDueArCdfDgg__239Cqk6AS5u7FO_7ah_xXJgwLlDd7SJSYhTpkJAWH28cLDoBQkCADyq3TrmCOPHy4RBiKBUkPHhkcYAH14SLWlUORF39MoqovBf60nMyJ_-9687QP-XxdKwJ5lnQHWA/s1600/word2013-264.png

Cara menambahkan sumber:

1.            Klik teks pada akhir kalimat atau bagian yang membutuhkan kutipan.
2.            Pada tab References, di grup Citation & Bibliography, klik Insert Citation. Klik Add New Sources pada daftar drop-down yang ditampilkan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYPwPequbDy9EdyX7D9vS84G67E13pTmRmwLGfAoEHdfPGBWWYfr7DMQehR598rOMV-H8kmijxsndf1ydoFKvTrGX6Nh23bLyahFvq0lei9CpboJ8k7KbiJQy3nkzY9k5tJY1lZBBt25w/s1600/word2013-265-1.png
3.            Pada kotak dialog Create Source, klik kotak daftar Type Of Source dan pilih bentuk materi sumber. Field yang ditampilkan dibagian bawah kotak dialog Create Source akan berubah sesuai dengan tipe sumber dan style kutipan.
4.            Ketikkan informasi tentang sumber, lalu klik OK. Kutipan akan muncul pada titik penyisipan didalam dokumen dengan menggunakan style kutipan yang telah digunakan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhX2gp2J11McFoBWO0i_apAbP2xQgmGEfGCntB4n8nF5yYr2s6rFhW9YBg1ivRpUytIs_8d5t6FpFCKuMUBqtahohm5GI1fjljH7FkH5LayjOc8ccZSXZiVPlw-qZ5Ed4IqV9w8hKpXXWA/s1600/word2013-265-2.png
5.            Setelah Anda menambahkan sumber, Word akan menambahkannya kedalam galeri pada tombol Insert Citation. Anda bisa memasukkan kutipan untuk sumber yang sama dengan memilihnya dari galeri tersebut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfP2Ei5kFA0Eox4Ay05giP6IDcyoob5gnnbQwd8CRJ1bmLbf7gEcs91Hgwt0dCpUrIImIsQzFUXYsOMwJFlFS2DOHEPQrj-fWTEoi33b2np79eXLLttSm7LAliyXHOFiZWVbr6SshDH3c/s1600/word2013-265-3.png


Cara menambahkan placeholder:

1.            Jika Anda tidak memiliki informasi untuk melengkapi kutipan, pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Insert Citation. Klik Add New Placeholder pada daftar drop-down yang ditampilkan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEic0D8G4ucT-KelAtpmjR7N0WjvwALEoA2zbcrEcPmRUNkrWsqYheyxFeNPlDrSk8IUxlZVrlXEmtfFl8cePHZaoLw4-OdKcbfs9OuhBKBvzdus-vS5a2ui9awMKQj26StT2GscisocW1Q/s1600/word2013-266-1.png
2.            Pada kotak dialog Placeholder Name, ketikkan nama untuk placeholder dan klik OK. Nama placeholder akan ditampilkan pada titik penyisipan di dalam dokumen.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6Uv-nK9vKAQEnRm3z2hF8sxtpB4yL6E2zCryJ431UWe-geqCUyGp9s8xP0NZiHV1dKm7QYf8XCxwmA-l8MReNclTCsQsdrBsmjicWXlh9IYDMlzPsvsdkoD1quosbTM1co2lSAwzpCSc/s1600/word2013-266-2.png


Cara mengatur sumber:

1.            Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Manage Sources.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirghC3Xrq1JeddY8o5Be1AcKTVA2OaKyXvrNDexZ3aLyjXNqpHd9xL3uuShQybaeMBLUYXFN7D4HEWZMUoONIrmESkhdWFLg1cVkNg3R3uaVhPzezhQKdkk1EZcGP1zCJd5wnBwn9LICw/s1600/word2013-266-3.png
2.            Pada kotak dialog Source Manager, kotak daftar Master List menampilkan semua sumber yang telah Anda buat di dalam komputer, pada semua dokumen yang berisi kutipan, kecuali sumber yang telah Anda hapus. Kotak daftar Current List menampilkan sumber yang dikutip pada dokumen yang sedang dibuka, sumber yang tidak dikutip yang tersedia pada galeri Insert Citation, dan semua placeholder yang ada pada dokumen. Setelah Anda klik sebuah entry pada Master List atau Current List, Anda bisa melakukan hal berikut:

·                     Klik tombol Copy untuk menyalin sumber ke daftar di sebelahnya.
·                     Klik tombol Delete untuk menghapus sumber dari daftar.
·                     Klik tombol Edit untuk mengubah informasi sumber.
Preview yang ada di bawah kotak dialog Source Manager menunjukkan format sumber sebagai entry kutipan dan daftar isi yang menggunakan style kutipan yang dipakai saat itu.
3.            Jika Anda ingin membuat sumber baru tanpa menambahkan kutipan pada teks dokumen, klik tombol New. Lengkapi entry pada kotak dialog Create Source, lalu klik OK. Kutipan akan ditambahkan di kedua daftar pada kotak dialog Source Manager.
4.            Jika Anda ingin mengurutkan daftar, klik kotak Sort dan pilih field untuk mengurutkan.
5.            Klik tombol Close.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikc8LyApV1KNhbnDlLFXyfgUY99Amm9qF8B__Avrk8rHxe1D77ViK3hmGV7_DYSRYSC5BQ4mTizPYKaiC7OMYsMi7ef7PCjF6juvr8SveIYwuN_58U6XcgOTEYe_cJtPqW82CBNzEiOy8/s1600/word2013-267.png


Cara memasukkan daftar pustaka (Bibliography):

1.            Klik pada dokumen lokasi dimana Anda ingin membuat daftar pustaka.
2.            Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik Bibliography. Klik salah satu entry pada galeri yang ditampilkan, atau klik Insert Bibliography pada bagian bawah galeri. Semua entry pada galeri adalah sama kecuali judulnya. Mereka akan melampirkan daftar pustaka pada Content Control, yang memungkinkan Anda untuk mengupdate daftar pustaka dengan cara klik pada tag-nya. Item pada Insert Bibliography akan memasukkan daftar pustaka tanpa judul atau Content Control.
Gambar: cara membuat daftar pustaka di word.
3.            Jika Anda berencana untuk mengirimkan dokumen ke publikasi yang berbeda, Anda mungkin memerlukan untuk mengubah style kutipan ke bentuk standar. Pada tab References, di grup Citations & Bibliography, klik kotak Style dan pilih style baru. Word 2013 akan secara otomatis memformat ulang semua kutipan dan daftar pustaka sesuai dengan style baru.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCHPPFgF6L7A0W6ufT8xA66FLjZYkIs79C4j3rFsnrGpT0STfuvU5VUaT2e7yrDcdg_2zqiK2zf414YXZy8szDJy1lfaYkEzcAijpCIH_8rxfUjRTTljGxem5sxLQwaz7ufhztD-wIEm0/s1600/word2013-268-2.png

D.    Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan Fungsi Menu Microsoft Excel




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjA73lL-Mo_mZJ4-vTGIjAZg2gR5eNmD3hpu5k3GmulYdVd8anI3fIEUiFl26pbZzT5oBdWV22dSuepx5Dk3y8XzwymqlM60o2ep1mMR184MTh8wILkgHzGpaE6frF4zNNpeZSRB-_kyQuD/s320/excrel.png

             Microsoft Excel 2010 adalah salah satu aplikasih yang memudahkan dalam mengerjakan suatu perhitungan khusnya yang bekerja di perkantoran. Selain itu aplikasih Microsoft Excel penggunaan dalam memakainya sangat banyak. Microsoft Excel ini sering digunakan untuk membuat tabel beserta perhitungan didalamnya. Penerapannya cukup luas, tidak hanya pembuatan tabel laporan keuangan, namun dapat juga memanfaatkan aplikasih ini untuk beragam pembuatan dokumen lainnya. Sehingga bagi para pekerja kantoran aplikasih ini sangatlah bermanfaat untuk memudahkan suatu pekerjaan dalam menghasilkan suatu data. Tidak hanya kantoran saja tetapi mahasiswa dalam mengerjakan suatu tugasnya dengan cara menghitung pasti selalu menggunakan Microsoft Excel ini sehingga dimana Microsoft Excel ini memiliki langsung rumusnya sehingga memudahkan mahasiswa dalam membuatnya tanpa memikirkan suatu rumus sulitnya. Untuk itu disini saya akan menjelaskan tentang menu dan fungsi nya pada Microsoft Excel sehingga lebih mudah kita dalam mengetahuinya apabila kita sudah memahaminya ini lah menu dan fungsinya dibawah ini 
Menu dan Fungsi Menu Pada Microsoft Excel

Menu File

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuMBOLzQLl9QhSQ5gkOfPHw4T57OjFdvO2G5B_Gw4CX0T-gybJN9hWvpCEJZtoShPJXMnuGo4PBGi52J_qQtfzP8snnrnLp7V5iYWN5Oucp5MwCIKuHJJMkEOGrfx0atYBgktQUwOAUCan/s320/excel.png

  1. Save, Berfungsi menyimpan suatu file.
  2. Save as, Berfungsi menyimpan suatu data dengan nama baru sebagai file yang baru.
  3. Open, Berfungsi membuka data dalam Microsoft Excel
  4. Close, Berfungsi menutup jendela
  5. Info, Berfungsi menampilkan informasi pada data yang  kita buka
  6. Recent, Berfungsi menampilkan data yang kita buka sebelumnya.
  7. New, Berfungsi membuka lembar baru
  8. Print, Berfungsi mencetak lembar kerja yang kita inginkan
  9. Sve and send, Berfungsi menampilkan informasi pada file yang kita dibuka.
  10. Help, Berfungsi memberi suatu bantuan yang kita butuhkan
  11. Options, Berfungsi memberi banyak pengaturan
  12. Exit, Berfungsi menutup suatu jendela                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Menu Home                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5kBLc5VelFr1i2LeRYtLjPDulH2HMYQoypMrNn0aQ3kYz0Q05fVhEKAZa8G_5y9jGGKnMk31zayHYVj0BFO8eIL3WGdMVMF293jG_oQwr2UbTdRYCSuOkAsrFuhOMvBAehut65GeiKAh6/s320/home.png                               
  1. Paste, Berfungi menampilkan hasil salinan pada lembar kerja
  2. Cut, Berfungsi memindahkan suatu objek
  3. Copy, Berfungsi menyalin suatu objek
  4. Format Painter, Berfungsi menyalin suatu karakter 
  5. Font, Berfungsi mengatur jenis huruf 
  6. Font Size, Berfungsi mengatur ukuran pada huruf
  7. Grow Font, Berfungsi memperbesar ukuran huruf 
  8. Shrink font, Berfungsi memperkecil ukuran huruf 
  9. Bold, Berfungsi menebalkan suatu huruf atau angka
  10. Italic, Berfungsi memiringkan suatu huruf atau angka
  11. Underline, Berfungsi memberi garis bawah pada suatu huruf atau angka
  12. Borders, Berfungsi memberi bingkai pada setiap tepi halaman
  13. Fill Color, Berfungsi memberi warna dibagian belakang paragraf
  14. Font Color, Berfungsi merubah warna pada huruf atau angka
  15. Top align, Berfungsi menjadikan data sel  yang menepi kebagian atas suatu sel
  16. Middle align, Berfungsi menjadikan teks berada ditengah atas pada sel
  17. Bottom align, Berfungsi menjadikan teks menepi ke bagian bawah suatu sel
  18. Align text left, Berfungsi menjadikan teks suatu rata kiri
  19. Center, Berfungsi menjadikan teks suatu rata tengah
  20. Align text right, Berfungsi menjadikan teks rata kanan
  21. Orientation, Berfungsi mengatur arah pada posisi data 
  22. Decrease Indent, Berfungsi menarik batas kiri teks disebelah kiri
  23. Increase Indent, Berfungsi menarik batas kiri teks ke sebelah kanan
  24. Wrap text, Berfungsi mengatur distribusi teks
  25. Merge & center, Berfungsi menggabung beberapa sel terpilih dan meletakkan teks pada bagian dalamnya
  26. Number Format, Berfungsi mengatur format tertentu pada data jenis numerik 
  27. Accounting, Berfungsi mengatur format pada harga sesuai dengan spesifikasi mata uang
  28. Percent Style, Berfungsi memformat suatu data numerik dengan gaya persentase sehingga akan muncul secara otomatis pada suatu sel yang telah kita format
  29. Comma Style, Berfungsi menampilkan angka menjadi desimal sebagai angka yang berbentuk bulat
  30. Decrease decimal, Berfungsi mengurangi jumlah digit setelah koma dalam angka 
  31. Increase decimal, Berfungsi menambah jumlah digit setelah koma dalam suatu bilangan angka desimal
  32. Conditional formatting, Berfungsi memformat sel sebagai diagram dari data yang terdapat di dalam sel 
  33. Format as table, Berfungsi memformat sel sebagian tabel dengan segala tema dan warna yang spektakuler
  34. Cell Styles, Berfungsi memformat suatu pada setiap sel sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya.
  35. Insert, Berfungsi menyisipkan kolom 
  36. Delete, Berfungsi mengahapus baris sel maupun kolom yang sedang aktif
  37. Format, Berfungsi melakukan properti seputar sel dan kolom yang sedang kita terpilih.
  38. Auto sum, Berfungsi menampilkan jumlah dari sel yang kita blok
  39. Fill, Berfungsi memberikan efek warna pada suatu cell
  40. Clear, Berfungsi menghapus semua yang ada pada sel 
  41. Sort & Filter, Berfungsi mengurutkan data 
  42. Find & Select, Berfungsi mengedit, memformat, atau memberi informasi pasa dokumen atau antar lembar kerja.  
  1. MENU INSERT                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUHDBro8m_4qPhEjPFKWNUqdeF62QVf-5_x4wh7qQD4I1cngOw95n_odTRWOpUcQi-JTyu-eJ1TWWYd_fJKe4EPZEtVgeTPfliwVxcKFErEh0Y412312wXfOsfrMPodkXuO3u2DRO7d_Zo/s320/insert.png
                                                                      
  1. Pivot Table, Berfungsi menyisipkan lembar kerja baru 
  2. Table, Berfungsi menyisipkan tabulasi dari data terpilih 
  3. Picture, Berfungsi menyisipkan objek pada gambar 
  4. Clip Art, Berfungsi menyisipkan gambar sederhana yang lebih mirip dengan gambar vektor 
  5. Shape, Berfungsi menyisipkan objek geometris
  6. SmartArt, Berfungsi menyisipkan objek dengan sistem yang lebih mengarah 
  7. Screen Shoot, Berfungsi menyisipkan objek pada gambar dengan menangkap pada area 
  8. Column, Berfungsi memasukkan grafik pada kolom
  9. Line, Berfungsi memasukkan grafik pada garis
  10. Pie, Berfungsi memasukkan grafik pada suatu lingkaran
  11. Bar, Berfungsi memasukkan grafik pada bentuk barang
  12. Area, Berfungsi memasukkan grafik pada area
  13. Scatter, Berfungsi memasukkan grafik pada distribusi
  14. Other Chart, Berfungsi memasukkan grafik yang lainnya
  15. Insert Line Sparkline, Berfungsi menyisipkan grafik garis pada suatu sel
  16. Insert Column Sparkline, Berfungsi menyisipkan kolom pada satu sel
  17. Insert Win/ Loss Sparkline, Berfungsi menyisipkan daftar kerugian atau keuntungan pada satu sel
  18. Slicer, Berfungsi memudahkan dalam pebyaringan data dalam suatu pivot table
  19. Hyperlink, Berfungsi membuat tautan atau link dengan halaman lain 
  20. Text Box, Berfungsi menyisipkan kotak 
  21. Header & Footer, Berfungsi menyisipkan catatan pada bagian atas dan bawah pada kertas
  22. Word Art, Berfungsi menyisipkan tulisan dengan dekorasi 
  23. Signature Line, Berfungsi memberi tanda tangan pada dokumen
  24. Object, Berfungsi menyisipkan suatu obyek
  25. Equation, Berfungsi menyisipkan rumus matematika sehingga hasilnya secara otomatis
  26. Symbol, Berfungsi menyisipkan suatu symbol                                                                                                                                                                                                Menu Page Layout                                                                                                                 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFVAgiWcdChE7QQYPMDyPKCfbkd23Nmgr87yosU-V1zGFIne18lxMg8A842L8I88gZjoceSYFcbmKEVOpsVaOxYwpZ3T33byACMDue7o5GS9f16lIVuzHr_rBAt_Aq2qcy_VrRkOEFyTbC/s320/layout.png
                                              
  1. Themes, Berfungsi memilih tema pada halaman 
  2. Colors, Berfungsi memberi warna pada tema halaman
  3. Fonts, Berfungsi mengatur tema pada huruf 
  4. Effects, Berfungsi mengatur tema efek pada objek shape 
  5. Margins, Berfungsi mengatur tepi pada suatu halaman
  6. Orientation, Berfungsi mengatur orientasi pada halaman
  7. Size, Berfungsi mengatur ukuran pada suatu kertas
  8. Print Area, Berfungsi menentukan area tertentu pada proses yang di cetak
  9. Breaks, Berfungsi menentukan pemisah pada suatu halaman
  10. Background, Berfungsi menentukan gambar untuk latar lembar pada kerja
  11. Print Titles, Berfungsi menentukan baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman
  12. Width, Berfungsi menentukan lebar hasil cetakan dengan banyaknya suatu kertas
  13. Height, Berfungsi menentukan tinggi hasil cetakan sesuai dengan banyaknya kertas
  14. Scale, Berfungsi memperbesar atau memperkecil hasil cetakan 
  15. Gridlines, Berfungsi mengatur tampilan garis grid pada layar dan pada hasil yang cetakan
  16. Headings, Berfungsi mengatur tampilan header pada layar 
  17. Bring Forward, Berfungsi memposisikan suatu objek di depan objek yang lainnya
  18. Send Backward, Berfungsi memposisikan satu objek di belakang objek yang lainnya
  19. Selection Pane, Berfungsi memperlihatkan panel hasil pada objek
  20. Align, Berfungsi mengatur posisi objek menjadi bebas
  21. Group, Berfungsi menggabungkan beberapa objek menjadi satu
  22. Rotate, Berfungsi memutar pada objek                                                                                                                                                                                            Menu Formulas                                                                                                                           
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgN7mhJbD79zWqmlNGNQAZrIWdBNkOtKzfmE1diiAEpYoNMMwWF5s-YWm9J59Q1Cmz_It7pcx5qI1ni_ZZuPq3ZeOVdJyll_UBCijAO77Ro5-ydd1ubCnmzuWq-9xywdQrk1xi6_A739kKG/s320/formulas.png
                                                             
  1. Insert Function, Berfungsi memasukkan fungsi pada suatu rumus
  2. AutoSum, Berfungsi melakukan penghitungan secara cepat
  3. Recently used, Berfungsi memasukkan fungsi yang pernah kita gunakan
  4. Financial, Berfungsi memasukkan fungsi pada suatu keuangan
  5. Logical, Berfungsi memasukkan fungsi pada logik
  6. Text, Berfungsi memasukkan fungsi teks
  7. Date& time, Berfungsi memasukkan fungsi pada waktu
  8. Lookup & reference, Berfungsi memasukkan fungsi lookup dan referensi
  9. Math & tring, Berfungsi memasukkan fungsi matematika dan pada trigomometri 
  10. More function, Berfungsi memasukkan fungsi yang lainnya
  11. Name manager, Berfungsi membuat, mengubah, dan mencari nama yang digunakan dalam suatu workbook
  12. Define name, Berfungsi memberi nama pada suatu sel 
  13. Use in formula, Berfungsi memilih nama yang digunakan pada wordbook 
  14. Create from selection, Berfungsi membuat nama pada sel menjadi otomatis
  15. Trace precedents, Berfungsi memperlihatkan panah pada sel lain yang mempengaruh pada sel yang lain
  16. Trace dependents, Berfungsi memperlihatkan panah pada sel lain 
  17. Remove arrows, Berfungsi menghilangkan panah yang dibuat oleh tracer
  18. Show formulas, Berfungsi menampilkan rumus pada setiap sel
  19. Error checking, Berfungsi memeriksa rumus yang salah
  20. Evaluate formula, Berfungsi memperlihatkan kotak dialog evaluasi rumus
  21. Watch window, Berfungsi mengawasi nilai beberapa sel saat dilakukan perubahan pada suatu lembar kerja
  22. Calculations options, Berfungsi menentukan kapan kalkulasi dilakukan 
  23. Calculation now, Berfungsi melakukan kalkulasi pada suatu workbook sekarang
  24. Calculate sheet, Berfungsi melakukan kalkulasi pada sheet yang sekarang                                                                                
1.  Menu Data                                                                                                                     
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2S89rS0U6vJWLzBv61VdkO_jHVvr7tmT1ORWRzhQM6WaKnPRrOMCM1jdYDJ2Envymy5ntlApsAx1ZMC9UC_jjLXrQcnBHUOVacqb9ecYm1AtCCE1MotIUzyM2kfJoTp4_zk8B0j8sCbzg/s320/data.png
                                           
  1. From Acces, Berfungsi mengimpor data database
  2. From Web, Berfungsi mengimport database dari website
  3. From Text, Berfungsi mengimpor data dari data database file pada teks
  4. From Other Sources, Berfungsi mengimpor data database dari sumber yang lainnya
  5. Existing Connections, Berfungsi menyambungkan data dari luar microsoft excel pada saat digunakan
  6. Refresh all, Berfungsi menyegarkan data update yang terhubung dengan lembar kerja pada suatu workbook
  7. Connections, Berfungsi menampilkan kotak dialog atau data yang terhubung
  8. Properties, Berfungsi mengatur jenis pada data yang sedang terhubung 
  9. Edit Links, Berfungsi menampilkan semua data yang terhubung dengan workbook serta melakukan suatu editan
  10. Sort, Berfungsi menampilkan kotak dialog untuk mengurutkan data
  11. Filter, Berfungsi mengaktifkan filter data berdasarkan pengaturan yang telah dibuat dimenu Sort 
  12. Clear, Berfungsi mengaktifkan ataupun menonaktifkan filter pada suatu sort data
  13. Reapply, Berfungsi mengaplikasikan kembali filter atau sort pada kolom cell 
  14. Advanced, Berfungsi mengatur sort atau filter secara lebih detail
  15. Text To Columns, Berfungsi mengubah teks pada per kolom
  16. Remove Duplicates, Berfungsi menghapus data dalam baris suatu ganda
  17. Data Validation, Berfungsi mencegah data yang tidak valid yang dimasukkan dalam suatu data cell
  18. Consolidate, Berfungsi menggabungkan lebih dari satu data kedalam satu cell
  19. What if analysis, Berfungsi menganalisis 
  20. Group, Berfungsi menggabungkan beberapa garis yang tidak kita inginkan menjadi satu grub
  21. Subtotal, Berfungsi melakukan penghitungan terhadap kategori                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Menu Review                                                                                                                           
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfj4Lz3qtnPHx5GxvOdqDd0BjHvb68dgW2rB4ygoAr8HlRY5HCyS-59gJKYOuHYTcCXzjkD8PchZi8wM7LAj4tTLuw88X5a5RJWZaU8W5jvoG_sVmXBpZyBjSgKhqjCX6Nst4nkAfGTkk1/s320/view.png
                                                      
  1. Spelling, Berfungsi memeriksa ejaan pada teks
  2. Research, Berfungsi membuka panel penelitian referensi
  3. Thesaurus, Berfungsi memberi saran untuk kata yang sepadan
  4. New comment, Berfungsi memberi komentar baru
  5. Delete, Berfungsi menghapus pada komentar
  6. Previous, Berfungsi melihat komentar sebelumnya
  7. Next, Berfungsi melihat komentar selanjutnya
  8. Show/hide comments, Berfungsi menampilkan ataupun menyembunyikkan komentar
  9. Show all comment, Berfungsi menampilkan semua komentar
  10. Show ink, Berfungsi menampilkan keterangan tinta pada lembar kerja
  11. Protect sheet, Berfungsi melindungi pada lembar kerja
  12. Protect workbook, Berfungsi melindungi pada buku kerja
  13. Share workbook, Berfungsi berbagi pada buku kerja
  14. Protect and share workbook, Berfungsi melindungi dan berbagi buku kerja
  15. Allow users to edit ranges, Berfungsi memperbolehkan pengguna untuk mengubah suatu data
  16. Track changes, Berfungsi menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Menu View                                                                                                                         
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcvlrGNtd5WiZTFQadbSeFgh-LSnG-oNAuaHJE_FF9dE_DCC4sDDwJWRGDEqDU3OtutCck3FCTmn4nl6arm1DQJMA2I8zQelfpCvpkTupAMluum3iGgF9HBbugCza8k0reFunv8a9xUqEQ/s320/view+r.png
                                                      
  1. Normal, Berfungsi melihat dokumen secara lebih normal
  2. Page Layout, Berfungsi melihat dokumen  yang dicetak
  3. Page break preview, Berfungsi melihat tampilan dokumen beserta potongan pada suatu halaman
  4. Custom views, Berfungsi menyimpan edetting tampilan hasil yang telah dicetak
  5. Full screen, Berfungsi melihat dokumen dalam mode layar yang sedang penuh
  6. Ruler, Berfungsi memperlihatkan suatu garis pada document
  7. Grindlines, Berfungsi memperlihatkan garis
  8. Formula bar, Berfungsi memperlihatkan batang pada suatu formula
  9. Headings, Berfungsi memperlihatkan suatu heading
  10. Zoom, Berfungsi memperbesar suatu tampilan
  11. 100%, Berfungsi besar tampilan 100%
  12. Zoom to selection,  Berfungsi memperbesar tampilan 
  13. New window, Berfungsi membuka jendela baru 
  14. Arrange all, Berfungsi mengatur semua jendela yang berjajar secara berdampingan
  15. Freeze panes, Berfungsi membuat sebagian lembar kerja terlihat 
  16. Split, Berfungsi membagi lembar kerja menjadi beberapa panel yang memperlihatkan pada suatu lembar kerja
  17. Hide, Berfungsi menyembunyikan jendela pada terseleksi
  18. Unhide, Berfungsi memunculkan jendela yang tersembunyi 
  19. View side by side, Berfungsi memperlihatkan jendela secara berdampingan
  20. Synchronous scrolling, Berfungsi membuat dua jendela secara bersamaan
  21. Reset window position, Berfungsi menset ulang posisi jendela yang  sangat berdampingan
  22. Save workspace, Berfungsi menyimpan pengaturan pada tampilan suatu jendela 
  23. Switch windows, Berfungsi berganti jendela yang sedang aktif
  24. Macros, Berfungsi memperlihatkan makro pada suatu dokumen.                                                                                                                                                                                       

E.     Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP Serta Perbedaan Penggunaan Fungsi Tersebut




              Fungsi VLOOKUP merupakan fungsi bantuan pada references. Fungsi VLOOKUP dipakai untuk menghasilkan suatu nilai pada tabel secara bentuk vertikal. Sedangkan fungsi HLOOKUP merupakan fungsi bantuan references juga. Bedanya fungsi HLOOKUP dipakai untuk menghasikan nilai pada tabel secara bentuk
 horizontal.

Penulisan =VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup)

Penulisan=HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)

             Perbedaan Penggunaan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dapat dilihat pada gambar di bawah ini dimana rumusnya hampir sama hanya saja dalam mencari HLOOKUP ini seperti gambar dibawah ini dimana Pajak=Pajak*Gaji Pokok itu yang membuat beda dalam mencarinya


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilQBz90fTDZKwKbASF-2tHKDHhb0Ui5MY-g3KlheJQp2B_YN1L1-0Olzhmzl033cFDZzw8KzYcmS1tFTxSlvH6iJx1o66URAcYkoIY4TVMuauiRH156PQBlqF6zr1K8bFGD1LajnzwGLHH/s320/51.png
                                                 
                                                             https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMxBLflWMlPS2Qgeu8h0-uHTIvd__NLDo7ma8KyW3x8wUMlOAfIvrJkP6G1LTgS_fV847WUNUhTSiN9ad8leWxNaRWAVxKZdg8Ckn_TXe2L-qlc37cjaFwkxw_fENsbadosAAMTtDgxDwn/s320/50.png

F.     Menjelaskan Fungsi Tanda "String" ($) atau Nilai Absolut Dalam Penggunaan Rumus MS Excell





Fungsi Tanda " String" ($) 
                                   
             String adalah tipe data untuk teks yang merupakan gabungan huruf, angka, spasi, dan berbagai karakter. Fungsi ini digunakan untuk membuat identifier String/teks. Penggunaan tanda dollar ($) adalah untuk penulisan fungsi referensi (reference function) dengan menggunakan tanda dollar ($) seolah-olah kita mengunci kolom atau baris agar jika kita menuliskan suatu rumus pada suatu sel maka sel yang lain akan terkait dengan tanda dolar yang tertera di sel rumus misalnya $A1 (Kolom A seolah-olah dikunci dengan dollar agar jika dilakukan perumusan kolom A lah acuannya)

G.    Menggunakan Fungsi Logika "IF" dan Contoh Penggunaannya


Menggunakan Fungsi Logika "IF" dan Contoh Penggunaannya 

                 Fungsi IF atau Rumus IF merupakan salah satu fungsi Excel dalam kategori atau kelompok logical yang sering digunakan untuk melakukan uji logika tertentu pada rumus microsoft excel. Rumus Excel IF akan menghasikan sebuah nilai tertentu jika kondisi yang kita tentukan untuk di evaluasi terpenuhi (TRUE) dan akan menghasilkan nilai lainnya apabila uji logika atau kondisi itu tidak terpenuhi (FALSE).

               Dengan kata lain fungsi IF Excel ini akan melakukan evaluasi terhadap uji logika tertentu kemudian menghasilkan nilai TRUE dan FALSE. Nilai TRUE adalah nilai dimana kondisi tersebut terpenuhi dan nilai FALSE adalah nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi.

TRUE = Benar. Kondisi terpenuhi/ benar

FALSE = Salah. Kondisi tidak terpebuhi/ salah

Contoh Penggunaannnya
    
                                                  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFc-X7u8kFzUMrdo248ddbh493Gr7Teza_Sc8Bj2n9O8fsPw5BcBW9pmc0Q1XheIT-hU0mf0709rgpw_mNaNTGUJchyStJpYJg9N7hP6_Yo5jLJCubdvzySWamLRFxshHzH9hI72PPCK7O/s320/48.png                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Pada gambar contoh diatas, rumus excel yang digunakan pada sel F2 adalah formula excel melakukan uji logika pada sel E2 apakah nilai lebih baik 140 atau tidak. Jika bernilai lebih dari 140 maka rumus IF akan menghasilkan teks Lulus. Sebaliknya jika nilai E2 tidak lebih dari 140 maka rumus IF akan menghasilkan Gagal.

H.    Fungsi RANK, Data Sort, Chart dan COUNTIF




Fungsi RANK, Data Sort, Chart dan COUNTIF

Fungsi RANK adalah salah satu fungsi dari bagian Statistik dalam Microsft  Excel yang bertujuan atau mengahasilkan nomor urut suatu nilai dalam suatu daftar nilai.

Fungsi Data Sort adalah mengurutkan konten rentang atau larik.

Fungsi Chart adalah menyisipkan atatu menampilkan chart wizard untuk pembuatan Graphic di document anda.

Fungsi Countif adalah untuk menghitung jumlah sel pada sebuah range data yang memenuhi kriteria atau syarat tunggal yang ditentukan.

I.       Fungsi Penghitungan Kredit Flat & Floating (Fungsi PMT atau Payment)


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgb1ZMjg418H4NI0XEfrYpTEj9XIANrVueY06AXWNM9RQfPAgMFes9mCtZXqZ_JA8Pr-xibiSsFEPNpbVdfL4NQBDhVl7MK0A_BEbsr0pohXUQiurWNtsdzCZoPnwRXQqbaChP1Npbdmqb0/s400/opl.jpg


Fungsi Kredit Flat (Bunga Flat) adalah sistem perhitungan suku bunga yang besarnya mengacu pada pokok hutang awal.

Fungsi Floating adalah bunga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi pasar. Sedangkan Fixed berfungsi suku bunga yang versifat tetap selama periode tertentu atau bahkan selama masa kredit. Jadi jika dibandingkan maka flat><efektif dan fixed><floating.

Fungsi PMT atau Payment adalah fungsi keuangan menghitung pembayaran untuk pinjaman berdasarkan pembayaran berkala dan terus menerus serta suku bunga tetap.

J.       Fungsi Finance Time Value Of Money (Future Value dan Present Value)


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpVUcfAjgh5a5YyEo_WGvxEIqmUEnDkl2h6zUE3mL4KdKcmUNyZBnGYdXCCE5Rhs0NP4jbTj39r3ASAFolm7fLJFhzOpV-Ff7ScZ3CHPc0Ldxec6F_xSeT7TBJo4UZM9miJuFI187kff1e/s400/plk.jpg


Fungsi Finance Time Value Of Money (Future Value dan Present Value)

             Fungsi Future Value adalah digunakan untuk menghitung nilai yang akan datang.
             Stntax:=FV(rate;nper;pmt;pv;type)
  1. RATE adalah jumlah periode/ return investasi
  2. INPER adalah jumlah periode pinjaman/ investasi
  3. PMT adalah jumlah pembayaran setiap periode
  4. PV adalah future value atau nilai yang saat ini
  5. Type bernilai 0 atau 1 yang menentukan kapan pembayaran jatuh tempo, 0 untuk jatuh tempo diakhir periode dan 1 untuk jatuh tempo di awal periode
          Fungsi Future Present Value adalah digunakan untuk menghitung nilai saat ini.
          Syntax:=PV(rate;nper;pmt;fv;type)
  1. RATE adalah jumlah periode/ return investasi
  2. INPER adalah jumlah periode pinjaman/ investasi
  3. PMT adalah jumlah pembayaran setiap periode
  4. FV adalah future value atau nilai yang akan datang
  5. Type bernilai 0 atau 1 yang menentukan kapan pembayaran jatuh tempo, 0 untuk jatuh tempo diakhir periode dan 1 untuk jatuh tempo di awal periode


Tidak ada komentar:

Posting Komentar